Cara atasi masalah sakit tenggorokan

Tahukah Anda bahwa minyak esensial sebenarnya bisa membantu membuat sakit tenggorokan pergi lebih cepat atau menghindari satu sama lain? Sakit tenggorokan bisa terjadi kapan saja sepanjang tahun karena berbagai alasan. Sakit tenggorokan adalah iritasi, gatal atau sakit tenggorokan yang sering memburuk saat menelan. (1)

Tenggorokan atau faring Anda, menurut definisi, adalah tabung yang membawa makanan ke kerongkongan dan udara ke tenggorokan dan laring Anda (kotak suara Anda). Sakit tenggorokan yang umum disebabkan oleh infeksi virus sementara radang tenggorokan adalah infeksi bakteri, yang dapat berasal dari sejumlah strain bakteri yang berbeda. Sayangnya, keduanya cukup menular dan bisa dilalui dari orang ke orang dengan kontak dekat.

 

Baca juga : Obat radang tenggorokan di apotik

Penyebab paling umum dari sakit tenggorokan adalah flu atau flu. Anda sering pertama kali menyadari flu atau flu akan terjadi saat Anda mengalami rasa sakit dan goresan pertama di tenggorokan Anda. Sakit tenggorokan juga bisa disebabkan oleh alergi, radang tenggorokan, mononucleosis, tonsilitis, merokok atau acid reflux.

Selain dari istirahat yang biasanya direkomendasikan, nutrisi yang tepat, banyak cairan, teh panas dan obat kumur, pengobatan sakit tenggorokan termasuk memanfaatkan kekuatan alami minyak esensial untuk mengatasi sakit tenggorokan!

Minyak Esensial Terbaik untuk Sakit Tenggorokan

Penggunaan untuk minyak esensial benar-benar tidak ada habisnya dan jika Anda telah membaca artikel minyak esensial lainnya, Anda mungkin bahkan tidak heran bahwa mereka juga bisa digunakan untuk sakit tenggorokan.

Minyak esensial berikut untuk sakit tenggorokan sakit akan membunuh kuman, mengurangi radang dan mempercepat penyembuhan penyakit yang mengganggu dan menyakitkan ini:

1. Peppermint

Minyak peppermint umumnya digunakan untuk pengobatan flu biasa, batuk, infeksi sinus, infeksi saluran pernapasan, dan radang mulut dan tenggorokan, termasuk sakit tenggorokan. Ini juga digunakan untuk masalah pencernaan, termasuk sakit maag, mual, muntah, morning sickness, irritable bowel syndrome (IBS), kram pada saluran pencernaan bagian atas (saluran pencernaan) dan saluran empedu, sakit perut, diare, pertumbuhan berlebih bakteri dari usus halus, dan gas.

Minyak esensial peppermint mengandung mentol, yang memberikan sensasi pendinginan dan efek menenangkan tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa sifat antioksidan, antimikroba dan dekongestan minyak esensial peppermint dapat membantu meringankan sakit tenggorokan Anda. Menthol juga membantu menenangkan dan menenangkan sakit tenggorokan serta lendir yang tipis dan memecah batuk.

2. Lemon

Minyak esensial lemon dikenal karena kemampuannya untuk membersihkan racun dari bagian tubuh manapun dan banyak digunakan untuk merangsang drainase getah bening, untuk meremajakan energi dan memurnikan kulit.

Minyak lemon berasal dari kulit lemon dan sangat baik untuk sakit tenggorokan karena antibakteri, antiinflamasi, tinggi vitamin C, meningkatkan air liur dan membantu menjaga kelembaban lembab.

3. Eucalyptus

Saat ini, minyak dari pohon eukaliptus muncul di banyak produk batuk dan dingin over-the-counter untuk mengurangi kemacetan. Manfaat kesehatan minyak kayu putih adalah karena kemampuannya untuk merangsang kekebalan tubuh, memberikan perlindungan antioksidan dan memperbaiki sirkulasi pernafasan.

Awalnya disebut "eucalyptol" oleh komunitas ilmiah, manfaat kesehatan dari minyak kayu putih berasal dari bahan kimia yang sekarang dikenal sebagai cineole, yang merupakan senyawa organik yang menunjukkan efek obat yang luas dan meluas - termasuk segala sesuatu mulai dari mengurangi peradangan dan rasa sakit hingga membunuh. Sel leukemia! Tak mengherankan bila bisa menjadi salah satu langkah untuk mengatasi sakit tenggorokan dan dingin.

4. Oregano

Ramuan terkenal ini dalam bentuk minyak adalah pilihan cerdas untuk pertahanan melawan sakit tenggorokan. Ada bukti bahwa minyak atsiri oregano memiliki khasiat antijamur dan antiviral. Satu studi bahkan menunjukkan bahwa pengobatan dengan minyak oregano mungkin berguna untuk infeksi parasit. (5)

Jika Anda memiliki keraguan bahwa minyak oregano dapat mencegah dan mengobati sakit tenggorokan, bahkan telah terbukti membunuh MRSA superbug baik sebagai cairan dan sebagai uap - dan aktivitas antimikroba tidak berkurang dengan memanaskannya dalam air mendidih.

5. Cengkeh

Minyak esensial cengkeh bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, jadi sangat berguna untuk mengecilkan hati dan menghilangkan sakit tenggorokan. Manfaat sakit tenggorokan minyak cengkeh dapat dikaitkan dengan sifat antimikroba, antijamur, antiseptik, antivirus, anti-inflamasi dan stimulasi. Mengunyah kuncir cengkeh dapat membantu sakit tenggorokan (dan juga sakit gigi).

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Phytotherapy Research menemukan bahwa minyak esensial cengkeh menunjukkan aktivitas antimikroba terhadap sejumlah besar epidemidis Staphylococcus multi-resistant. (7) Sifat antivirus dan kemampuan untuk memurnikan darah meningkatkan ketahanan terhadap banyak penyakit, termasuk sakit tenggorokan.

6. Hyssop

Hyssop digunakan pada zaman kuno sebagai ramuan pembersihan untuk kuil dan tempat suci lainnya. Di Yunani kuno, para dokter Galen dan Hippocrates menghargai hisop untuk radang tenggorokan dan dada, pleuritis dan keluhan bronkial lainnya.

Tidak mengherankan jika hisop memiliki sejarah penggunaan obat yang panjang. Sifat antiseptik minyak hisopik menjadikannya zat ampuh untuk melawan infeksi dan membunuh bakteri. Apakah sakit tenggorokan Anda adalah virus atau bakteri, hisop adalah pilihan yang sangat baik untuk sakit tenggorokan serta peradangan paru-paru.

7. Thyme

Minyak Thyme adalah salah satu antioksidan dan antimikroba terkuat yang diketahui, dan telah digunakan sebagai ramuan obat sejak zaman kuno. Thyme mendukung sistem kekebalan tubuh, pernapasan, pencernaan, saraf dan tubuh lainnya.

Sebuah penelitian di tahun 2011 menguji respons minyak thyme terhadap 120 strain bakteri yang diisolasi dari pasien dengan infeksi rongga mulut, saluran pernafasan dan genitourinari. Hasil percobaan menunjukkan bahwa minyak dari tanaman thyme menunjukkan aktivitas yang sangat kuat terhadap semua strain klinis. Minyak thyme bahkan menunjukkan khasiat yang baik melawan strain resisten antibiotik. Betapa taruhan pasti untuk tenggorokan gatal itu! (9)

8. Juniper Berry

Dengan aroma manis dan apek, minyak esensial juniper berry merupakan bahan populer di banyak produk pembersih rumah tangga, campuran aromaterapi dan semprotan wewangian. Saat ini, minyak esensial juniper berry juga biasa digunakan sebagai salah satu solusi alami terbaik untuk sakit tenggorokan serta infeksi pernafasan, kelelahan, nyeri otot dan artritis.

Penggunaan Juniper berry untuk sakit tenggorokan divalidasi oleh penelitian yang menunjukkan bahwa minyak esensial juniper berry sebenarnya mengandung lebih dari 87 senyawa penyusun aktif yang berbeda, termasuk antioksidan kuat, antibakteri dan antijamur.

 

Cara Menggunakan Minyak Atsiri untuk Sakit Tenggorokan

 

Minyak atsiri dapat digunakan untuk sakit tenggorokan dengan tiga cara yang berbeda: dengan menghirup, aplikasi topikal atau konsumsi internal.

  • Inhalasi


Aromaterapi adalah penggunaan terapeutik dari minyak esensial aromatik aromatik untuk meningkatkan kesehatan fisik dan psikologis. Salah satu cara utama untuk menggunakan minyak esensial untuk aromaterapi adalah dengan menghirup aroma atau aroma minyak esensial.

Bila aroma minyak esensial dihirup, molekul masuk ke rongga hidung dan merangsang penembakan respons mental pada sistem limbik otak, termasuk regulasi stres atau respons menenangkan seperti detak jantung, pola pernapasan, produksi hormon dan tekanan darah. Aromaterapi dapat diperoleh dengan menggunakan minyak esensial sebagai penghirupan langsung, dalam bak mandi, dalam alat penguap atau pelembab, kipas angin, ventilasi, parfum, cologne, atau melalui diffuser aromaterapi.

Cara mudah untuk secara teratur mempraktikkan inhalasi langsung adalah dengan menambahkan satu sampai dua tetes minyak esensial ke telapak tangan Anda dan gosokkan keduanya untuk menyebarkan minyak. Selanjutnya, cangkir tangan Anda di atas hidung Anda dan ambil 5-10 napas dalam dan lambat. Anda juga bisa menambahkan dua sampai tiga tetes minyak esensial ke bola kapas dan meletakkannya di bantal Anda atau di tempat yang mudah menciumnya.

Cara lain yang bagus untuk menenangkan sakit tenggorokan adalah dengan menghirup uap air mendidih yang mengandung beberapa tetes beberapa minyak esensial yang baru saja saya sebutkan. Cukup isi mangkuk besar dengan air panas dan hilangkan handuk di atas kepala Anda untuk membuat tenda dan hirup dalam uap. Tentu, hati-hati jangan sampai membakar diri.

  • Penggunaan Lisan


Banyak minyak esensial dapat dikonsumsi oleh mulut; Namun, penting untuk memastikan bahwa minyak yang Anda gunakan aman dan murni. Banyak minyak di pasaran dapat diencerkan atau dicampur dengan sintetis yang tidak aman untuk ditelan. FDA telah menyetujui beberapa minyak esensial untuk penggunaan internal secara umum dan memberi mereka sebutan yang dikenal luas sebagai aman (GRAS) untuk konsumsi manusia. (11)

Dengan menggunakan minyak esensial dalam kumur, Anda bisa langsung memiliki minyak esensial yang bersentuhan dengan area bermasalah. Cukup tambahkan satu sampai dua tetes minyak esensial ke setengah gelas air hangat sedikit dan kumur selama satu atau dua menit. Jangan menelan campuran setelah berkumur.

Cara yang aman dan efektif untuk mengkonsumsi minyak esensial menurut The Healing Intelligence of Essential Oils: The Science of Advanced Aromatherapy, adalah menambahkan satu tetes minyak ke segelas air atau dalam satu sendok teh madu. Pilihan aplikasi lisan lainnya termasuk menggunakan kapsul, membuat teh, dan memasak dengan minyak esensial.

  • Aplikasi topikal


Aplikasi topikal minyak esensial melibatkan penempatan minyak esensial pada kulit, rambut, mulut, gigi, kuku atau selaput lendir tubuh. Saat minyak menyentuh bodi, mereka menembus dengan cepat.

Karena minyak esensial murni sangat manjur, penting untuk mencairkannya sebelum menggunakannya pada tubuh Anda. Anda dapat mencairkan minyak esensial dengan mencampurnya dengan minyak pembawa (seperti zaitun, jojoba, almond manis, atau minyak kelapa) atau losion alami yang tidak diberi wewangian. Tambahkan 5-10 tetes minyak esensial ke dua sendok makan minyak pembawa atau losion alami yang tidak diberi wewangian. Anda kemudian bisa mengoleskan minyak atau lotion campuran langsung ke area tubuh yang akan menguntungkan tenggorokan seperti leher, dada, belakang telinga, atau bagian bawah kaki.

  • Resiko Minyak Atsiri untuk Sakit Tenggorokan


Pastikan Anda menggunakan minyak esensial terapeutik untuk mengatasi sakit tenggorokan. Penggunaan minyak esensial yang dihirup atau topikal umumnya lebih aman daripada penggunaan oral. Jangan sekali-kali menelan minyak esensial atau menerapkan minyak esensial yang tidak diencerkan ke kulit tanpa pelatihan atau pengawasan medis yang tepat. Penting untuk memahami cara terbaik menggunakan minyak esensial.

Selalu berkonsultasi dengan spesialis dan lakukan uji tempel sebelum melanjutkan dengan hati-hati karena minyak esensial dapat bereaksi secara berbeda untuk individu yang berbeda. Bayi, anak-anak, wanita hamil, manula dan orang-orang dengan penyakit parah seharusnya tidak menggunakan minyak esensial secara internal kecuali di bawah pengawasan dokter. Jika hamil, tanyakan kepada profesional sebelum menggunakan minyak esensial secara eksternal di tubuh Anda juga.