info tentant panu

Panu adalah ruam yang disebabkan oleh kuman seperti ragi. Hal ini tidak berbahaya atau diteruskan melalui sentuhan (menular). Pengobatan bisa membersihkan ruam. Beberapa orang yang rentan terhadap kondisi ini memerlukan perawatan rutin untuk mencegah ruam berulang.

Apa itu panu dan apa penyebabnya?
Panu adalah ruam yang disebabkan oleh kuman seperti ragi yang disebut malassezia (juga disebut pityrosporum). Sejumlah kecil kuman ini biasanya hidup di kulit, dan tidak membahayakan. Namun, beberapa orang rentan terhadap kuman ini mengalikan kulit mereka lebih dari biasanya, yang kemudian menyebabkan ruam berkembang. Seringkali kuman mengalikan dan menyebabkan ruam tanpa alasan yang jelas. Dalam beberapa kasus, cuaca panas, cerah atau lembab nampaknya memicu kuman untuk berkembang biak pada kulit.

Panu cukup umum. Hal ini lebih sering terjadi pada orang berusia 20-an. Terkadang disebut tinea versicolor.

Apa gejalanya?
Ruamnya
Ini biasanya dimulai sebagai patch pucat kecil. Awalnya ini biasanya muncul di dada, leher atau lengan atas. Ruam kadang menyebar ke perut (perut), paha dan punggung. Patch yang lain mungkin muncul, dan tambalan di samping satu sama lain dapat digabungkan. Kulit yang terkena mungkin menjadi sedikit bersisik.

Ruam biasanya pucat, dan hampir tidak terlihat jika Anda berkulit putih. Anda mungkin tidak menyadarinya sampai Anda berjemur. Area yang terkena tidak berwarna cokelat, dan karena itu ruam menjadi lebih jelas pada kulit kecokelatan. Pucuk pucat lebih jelas jika Anda memiliki kulit gelap. (Kadang ruam lebih gelap dari pada kulit pada orang berkulit putih, dan warnanya seperti tanda coklat.)

Biasanya tidak ada gejala lain. Terkadang agak gatal.

Foto panu lebih lanjut dapat ditemukan di situs DermIS yang terdaftar di bawah 'Bacaan lebih lanjut & referensi', di bawah ini.

Apakah ini serius?
Tidak. Jika Anda menginginkan berjemur bahkan berjemur, maka ruam ini menyebalkan, karena bercak-bercak pucat pada kulit kecokelatan mungkin terlihat tidak sedap dipandang mata.

Apa ini menular?
Tidak, tidak mungkin untuk menangkap kondisi ini dari orang lain. Kuman seperti ragi yang menyebabkan ruam ini biasa ditemukan pada kulit, dan biasanya tidak membahayakan. Untuk alasan yang tidak jelas, nampaknya kuman mengalikan lebih mudah menyebabkan ruam pada orang tertentu.

Apa pengobatan untuk panu?
Jenis pengobatan bervariasi antara kasus dan mungkin tergantung pada lokasi ruam dan juga jika Anda memiliki kondisi ini sebelumnya. Berikut ini adalah pilihan pengobatan:

  • Ketoconazole shampoo (Nizoral®) biasanya disarankan. Anda bisa membelinya di apotek dan juga tersedia dengan resep dokter. Ketokonazol membunuh kuman yang menyebabkan ruam ini. Oleskan sampo ke daerah yang terkena, lalu bersihkan setelah tiga sampai lima menit. Ulangi setiap hari selama lima hari.
  • Selenium sulphide shampo merupakan alternatif pengobatan. Ini tidak dilisensikan secara ketat untuk perawatan ruam ini, tapi berhasil. Anda bisa membelinya dari apotek atau juga tersedia dengan resep dokter. Encerkan sampo dengan air 50:50 (setengah air, setengah sampo). Kemudian oleskan sampo yang diencerkan ke daerah yang terkena dan biarkan mengering selama sepuluh menit dan kemudian bilas. Ini harus diulang setiap hari selama seminggu.
  • Tablet antijamur dapat diresepkan jika ruam berada di atas area kulit yang luas, atau tidak dibersihkan dengan perawatan di atas.
  • Pengobatan antijamur mungkin perlu diulang jika ruam ini kembali (kambuh) dan menjadi bersisik lagi.
  • Jika Anda cenderung mengalami episode berulang di bawah sinar matahari, mungkin sebaiknya Anda menggunakan sampo ketokonazol sekali sehari selama tiga hari sebelum Anda berlibur ke matahari. Ini akan membantu mengurangi risiko terjadinya saat Anda pergi.


Bagaimana saya mencegah agar ruam tidak kembali?
Beberapa orang tampak rentan terhadap kuman seperti ragi ini yang mengalikan kulit mereka dan ruamnya mungkin kembali (kambuh) setelah perawatan. Salah satu pilihan adalah mengoleskan salah satu shampo di atas ke kulit Anda setiap 2-4 minggu. Hal ini dapat membuat kuman menjauh, atau mencegah jumlah bangunan meningkat, yang akan mencegah ruam berulang. Sebagai alternatif, jika Anda sering mengalami kekambuhan maka Anda disarankan untuk menggunakan tablet antijamur selama satu sampai tiga hari setiap bulan sebagai tindakan pencegahan.

 

Baca juga informasi lainnya tentang : Obat panu paling ampuh