Makanan yang bisa bikin kamu BAB

Saat Anda dicadangkan, Anda bisa merasa kembung, lesu, dan semua tidak nyaman. Jika tidak bisa pergi ke kamar mandi menimbang Anda (secara harfiah!) Maka Anda mungkin mencari sedikit kelegaan sesegera mungkin.

Untungnya, Anda tidak perlu beralih ke obat pencahar berisiko atau obat over-the-counter lain yang berpotensi menimbulkan bencana. Ada beberapa makanan alami yang akan memindahkan barang-barang Anda, dan membantu Anda pergi ke kamar mandi dengan mudah dan teratur. Catatan: Ini adalah makanan sehat dan kaya serat yang memiliki manfaat positif lainnya di luar sistem pencernaan Anda - kita tidak termasuk makanan sampah yang mungkin membuat Anda mencalonkan diri untuk kamar mandi karena semua alasan yang salah!

 

Baca juga : Obat susah bab di apotik

Jika Anda mengkonsumsi makanan dan minuman dalam daftar ini dan masih mengalami masalah, pastikan menemui dokter atau ahli gastroenterologi untuk mengatasi masalah BM Anda. Punya masalah kamar mandi lain? Jangan lewatkan 37 Strategi IBS yang Akan Mengubah Hidup Anda.

"Anda dapat dengan mudah mengalami sembelit karena tidak cukup minum air putih," saran Dr. Levy. "Saya merekomendasikan minum setidaknya delapan gelas air 8 oz per hari. Ini sangat penting selama musim panas karena kita sering mengeringkan air." Dan jika Anda merasa sedikit kenyang, cobalah 14 Resep Air Detoks yang Menghilangkan Bloat ini.

Tapi dulu kopi. Sementara efek dari cuppa joe dapat bervariasi dari satu orang ke orang berikutnya, sangat umum bagi minuman untuk membuat Anda menuju kamar mandi. Kopi telah terbukti mempromosikan pelepasan gastrin, yang dapat meningkatkan aktivitas spike dan motorik kolon, lapor jurnal Gut. Efek kopi pada tubuh cukup mempesona, namun penelitian tersebut kemudian menjelaskan bahwa kopi tidak dapat mencapai usus besar yang cepat - namun justru menimbulkan respons dengan bertindak pada reseptor di perut atau usus kecil.

"Salah satu triknya adalah minum kopi bersama sarapan karena kombinasi tersebut membantu merangsang refleks gastrocolic yang menyebabkan kontraksi usus (peristalsis) dan memindahkan kotoran keluar dari tubuh," Dr. Levy menjelaskan. "Banyak pasien akan merasakan dorongan untuk buang air besar dengan baik setelah minum kopi bersama sarapan pagi."

Apa pun dengan serat lebih dari lima gram per porsi dianggap sebagai makanan berserat tinggi. Satu ons (sekitar dua sendok makan) biji chia memiliki dua kali lipat jumlah itu! "Juga, biji chia berubah agar-agar saat basah dan membantu membawa pulang zat yang mungkin menempel di saluran pencernaan Anda," kata Alexandra Napoli, pelatih kesehatan holistik bersertifikat. Penasaran Kami telah mengurasi resep benih chia terbaik di Instagram untuk mendapatkan banyak inspirasi bagaimana cara menggunakannya.

Jika lambannya perut adalah masalah Anda, periset mengatakan buah kiwi serat tinggi mungkin merupakan tendangan yang Anda cari. Sebuah studi oleh para periset di Asia Pasifik menemukan bahwa penderita IBS yang makan dua kiwi sehari selama empat minggu memiliki sedikit konstipasi dan pengurangan gejala IBS secara umum dibandingkan mereka yang tidak.

Studi yang dilakukan di The Nutrition Institute di University of Tennessee menunjukkan bahwa mengkonsumsi kalsium - susu mana yang memiliki banyak - dapat membantu tubuh Anda memetabolisme lemak dengan lebih efisien. Penelitian lain menunjukkan bahwa peningkatan asupan kalsium dari produk susu (meskipun bukan dari kalsium karbonat tambahan) menyebabkan peserta studi mengeluarkan lebih banyak lemak dibandingkan dengan yang menempel di sekitar tubuh. Lihat lebih banyak pilihan kami untuk 20 Makanan Penuh Lemak Terbaik untuk Berat Badan!

Jeruk adalah buah berserat lainnya yang bisa membantu memindahkan segala sesuatunya. "Buah jeruk seperti jeruk, jeruk keprok, dan jeruk bali sangat bagus karena seratnya merangsang pertumbuhan mikrobiota / flora usus besar dan kemudian meningkatkan massa tinja," kata Dr. Levy. "Buah-buahan ini adalah pilihan makanan ringan dan makanan penutup yang sangat baik untuk penderita sembelit." Pasti jauh lebih baik daripada sajian manis yang terbuat dari karbohidrat olahan berlapis serat.

Ada alasan mengapa kita menjadi gila untuk pistachio. Penelitian dari tahun 2012 menunjukkan bahwa pistachio memiliki khasiat yang mirip dengan probiotik, yang membantu pertumbuhan bakteri sehat di saluran pencernaan. Dan GIT yang sehat sama dengan kotoran sehat.

Jika Anda meraih sereal gandum di pagi hari, Anda akan memulai hari Anda dengan serat sehat yang akan membuat Anda tetap teratur sepanjang hari. "Serat sereal (seperti biji-bijian) adalah sembelit besar yang mengurangi makanan karena dinding sel mereka sulit dicerna dan menempel ke air," Dr. Levy menjelaskan. Dia merekomendasikan sereal gandum atau sereal berserat - untuk favorit kami, lihat Sereal Nama Merek Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan.

Itu lebih dari sekadar membiarkan nafas Anda berbau minty segar. Efek menenangkan Peppermint memberi keajaiban bagi perut yang buruk, namun penelitian dari University of Maryland Medical Center menemukan bahwa hal itu juga dapat membantu orang-orang yang menderita IBS. Pada dasarnya, sifat menenangkannya membantu melemaskan otot-otot di saluran usus sehingga kotoran Anda bisa bergerak dengan bebas.