Manfaat minyak zaitun untuk pembersih empedu

Pembersihan empedu, kadang-kadang disebut sebagai detoks kandung empedu atau kantung empedu, dipromosikan karena berbagai alasan. Beberapa klaim didasarkan pada gagasan bahwa kantong empedu atau organ tubuh Anda dipenuhi dengan racun yang tidak disebutkan namanya yang harus dibuang. Para pendukung pembersihan kandung empedu lainnya mengklaim bahwa rejimen tersebut akan menghilangkan batu empedu tanpa operasi, dan juga cenderung mengklaim bahwa batu empedu bertanggung jawab atas berbagai gejala dan penyakit. Meski meminum sejumlah besar minyak zaitun dan jus lemon tidak berbahaya secara inheren, ada risiko yang harus Anda pertimbangkan sebelum memilih untuk melakukan pembersihan kandung empedu.

Membersihkan kandung empedu

Sejumlah besar minyak zaitun dan jus lemon, serta garam Epsom, adalah ramuan umum di flap empedu yang seharusnya ditujukan untuk mengangkat batu empedu. Menurut Quack Watch, sebuah situs web yang ditujukan untuk membongkar klaim medis yang tidak ilmiah, campuran minyak, jeruk dan garam menghasilkan gumpalan minyak agar-agar dalam tinja, yang menurut para pendukungnya dikeluarkan dari batu empedu. Namun, batu empedu sebenarnya tidak berbentuk agar-agar. Mereka susah, jangan mengapung di air, dan tidak bisa dilepas dengan mengkonsumsi minuman spesial.

Detoksifikasi

Pembersihan empedu juga dipromosikan sebagai cara untuk menyiram racun dari kantong empedu dan tubuh Anda. Meskipun bahan kimia dan zat beracun ada di lingkungan kita, tubuh Anda menghilangkan toksin ini dengan sangat efektif melalui hati dan ginjal Anda. Menurut situs Skeptic's Dictionary, kata "detox" tidak memiliki makna ilmiah atau medis di luar setting rehabilitasi kecanduan narkoba. Namun, Anda dapat membantu tubuh Anda mengeluarkan toksin dengan melindungi kesehatan hati dan ginjal dengan diet seimbang, banyak berolahraga dan penggunaan alkohol ringan.

Bahaya

Mencoba untuk membersihkan atau menyiram kantong empedu Anda dengan minyak zaitun dan jus lemon tidak harus berbahaya, kecuali jika Anda menggunakan pembersih kandung empedu untuk menggantikan perawatan medis. Misalnya, CureZone.com mencantumkan sejumlah gejala dan kelainan yang diduga disembuhkan dengan membersihkan kandung empedu atau flushes hati, termasuk jerawat, sakit perut kronis, kelelahan kronis dan bahkan kolesterol tinggi. Banyak dari gejala dan kondisi ini adalah tanda-tanda masalah serius dan berpotensi fatal, seperti kanker, penyakit jantung, diabetes dan fungsi organ yang terganggu. Menunggu pembersihan kandung empedu untuk meringankan atau menyembuhkan gejala Anda alih-alih mencari pertolongan medis segera secara harfiah bisa berarti perbedaan antara hidup dan mati.

Pertimbangan Tambahan

Jika Anda berharap pembersihan empedu akan membantu Anda menghindari operasi batu empedu, Anda harus membicarakannya dengan dokter Anda. Menurut Mayo Clinic, batu empedu asimtomatik umumnya tidak memerlukan perawatan sama sekali. Selain itu, beberapa pembersih empedu mendorong pre-cleanse puasa selama beberapa hari. Puasa dapat membuat tubuh Anda kekurangan gizi dan tidak dianjurkan, memperingatkan University of Iowa Hospitals and Clinics.

 

Baca juga : Obat batu empedu di apotik